MLM Haram Atau Halal, Ada 13 Syarat dari MUI

MLM Halal Atau Haram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on digg
Share on stumbleupon
Share on pocket
Share on xing
Share on whatsapp

MLM Haram atau halal selalu menjadi perbincangan yang hangat, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa Multi Level Marketing (MLM) tidak bisa dipukul rata dinyatakan haram. Hal ini dikarenakan, MLM hanyalah merupakan model penjualan berjenjang yang paling efektif. Karenanya, sangat penting mengenal business plan dari perusahaan yang menggunakan model MLM agar tidak terjebak praktik skema money game, ponzi, dan piramida yang bisa berdampak merugikan.

13 Syarat MLM Haram atau Halal dari MUI

Berikut ini syarat-syarat bagi MLM yang diperbolehkan (halal) sesuai dengan fatwa No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada 25 Juli 2009:

  1. Ada obyek transaksi ril yang diperjualbelikan terdiri dari barang atau produk jasa.
  2. Barang atau produk jasa yang menawarkan barang yang diharamkan dan yang digunakan untuk digunakan sesuatu yang haram.
  3. Transaksi dalam perdagangan tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat.
    • Gharar adalah atau taghrir adalah istilah dalam kajian hukum Islam yang berarti keraguan, tipuan, atau tindakan yang bertujuan untuk merugikan orang lain. Gharar dapat berupa suatu akad yang mengandung unsur penipuan karena tidak adanya kepastian, baik mengenai ada atau tidaknya objek akad, besar kecilnya jumlah, maupun kemampuan menyerahkan objek yang disebutkan di dalam akad tersebut. Menurut Imam an-Nawawi, gharar merupakan unsur akad yang dilarang dalam syariat Islam.
    • Maysir atau Qimar yaitu suatu bentuk permainan yang didalamnya dipersyaratkan, jika salah seorang pemain menang, maka ia akan mengambil keuntungan dari pemain yang kalah dan sebaliknya. Contoh dari maysir ini adalah judi, sedangkan beberapa aktivitas yang termasuk dalam kategori judi yang telah dilarang misalnya seperti SMS berhadiah sesuai dengan Fatwa MUI No. 9 Tahun 2008 Tentang SMS Berhadiah dan kuis berbasis telepon sesuai arahan dari Dr. Nasr Farid, Mufti Mesir, Sekjen Majma al Buhuts al Islamiyyah, Wafa Abu ‘Ajuz dan Syeikh Abdul Aziz bin Baz.
    • Riba artinya tambahan, sedangkan menurut istilah teknis, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok (modal) secara bathil. Terdapat perbedaan pendapat dalam menjelaskan riba. Secara umum Riba adalah penambahan terhadap hutang. Maknanya: Setiap penambahan pada hutang baik kwalitas ataupun kwantitas, banyak maupun sedikit, adalah riba yang diharamkan.
    • Dharar adalah transaksi yang dapat menimbulkan kerusakan, kerugian, ataupun ada unsur penganiayaan, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya pemindahan hak kepemilikan secara bathil.
    • Dzulm atau kezhaliman adalah lawan dari ‘adl atau keadilan, yaitu menempatkan sesuatu tidak pada tempatnya, memberikan sesuatu tidak sesuai ketentuannya, mengambil sesuatu yang bukan haknya, dan memperlakukan sesuatu tidak pada posisinya.
    • Maksiat adalah perilaku atau tindakan manusia yang melanggar hukum moral yang bertentangan dengan perintah Allah SWT.
  4. Tidak ada kenaikan harga/biaya yang berlebihan (mark-up yang berlebihan)
  5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota, besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan produk, dan harus menjaga pendapatan utama mitra usaha.
  6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota harus jelas jumlahnya, saat transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk yang ditetapkan perusahaan.
  7. Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang peroleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang atau jasa.
  8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan oleh anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra.
  9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antar anggota pertama dan anggota berikutnya.
  10. Sistem perekrutan, bentuk penghargaan dana secara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan sebagainya.
  11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya.
  12. Tidak melakukan kegiatan money game.
  13. Dalam penerapan Maqashid Syariah untuk melihat halal atau tidak, maka harus dilihat sejauh mana praktiknya setelah dikaji sesuai dengan ajaran agama syariat Islam. Jadi tidak serta merta dilihat dari merk dan labelnya apakah berlabel syariah atau tidak, tetapi penting mengedepankan beberapa persyaratan yang sesuai dengan syariat islam agar tercapainya sebuah Mashlahat.

Setelah membaca fatwa No: 75/DSN MUI/VII/2009 yang disahkan pada 25 Juli 2009, semoga tidak ada lagi pertanyaan MLM haram atau halal.

KAMI HADIR DISELURUH INDONESIA

Wilayah pemasaran produk HDI di Indonesia, dibagi atas 4 Regional, yang bertujuan agar proses pendistribusian Produk HDI lebih merata seluruh Indonesia. Selain itu bertujuan untuk kemudahan proses registrasi menjadi Member HDI, Agen HDI maupun Reseller HDI menjadi lebih mudah.

Regional 1

Regional 1 meliputi seluruh Kota dan Kabupaten diseluruh Pulau Jawa dan Madura.

Regional 2

Regional 2 meliputi seluruh Kota dan Kabupaten diluar Pulau Jawa dan Madura (Non Regional 3 dan Papua).

Regional 3

Regional 3 meliputi kota di Maluku, Tarakan, Aceh, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Gorontalo.

Regional Papua

Regional Papua meliputi seluruh kota di Papua.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on tumblr
Share on digg
Share on stumbleupon
Share on pocket
Share on xing
Share on whatsapp

Contact Me

Saya Halim Perdana, selaku Enterpriser Bisnis HDI, sangat bangga dan senang bisa bekerja sama menjalankan Bisnis HDI dengan Anda. Bisnis HDI merupakan Bisnis siap pakai, yang didukung dengan Web Replika haloHDI.com dengan system yang terintegrasi dan teroptimasi Google Search Engine Optimizer.

Navigation

Newsletter

Disclaimer

  • Website HaloHDI.com ini bukan web resmi dari Perusahaan PT. Harmoni Dinamika Indonesia, melainkan hanya untuk memudahkan rekan kerja kami selaku member HDI dalam mengembangkan bisnis dan sebagai sarana informasi bagi calon customer kami yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Website ini GRATIS, jadi Tidak ada transaksi keuangan, bonus, refund, atau klaim apapun di bebankan pada kami pengelola website haloHDI.com
  • Bisnis ini tidak cocok bagi pecinta money game atau mereka yang hanya ingin kaya instan tanpa bekerja. Kami TIDAK memberikan janji cepat kaya ataupun garansi atas penghasilan bisnis Anda, karena apa yang didapatkan adalah sangat tergantung pada usaha kerja keras dan kerja cerdas Anda.

Copyright © 2020 halimpkusuma.halohdi.com All rights reserved​.